Top News

CARA MEMBACA BASMALAH DIDALAM SHOLAT

A. Empat pendapat tentang membaca basmalah didalam sholat

ada banyak pendapat Ulama fikih didalam masalah hukum membaca basmalah didalam sholat diantaranya adalah:

1. madzhab maliki:

ulama madzhab maliki tidak membaca basmalah didalam sholat wajib. Baik sholat wajib yang sifatnya jahr (sholat subuh, maghrib, isya) maupun sir (sholat dzuhur, ‘ashar). namun Diperbolehkan membaca basmalah ketika konteksnya: sholat sunnah, atau permulaan membaca al-qur’an, atau membaca surat- surat selain al-fatihah.

Simak penjelasan materi tulisan ini versi youtube



2. madzhab hanafi:

Ulama madzhab hanafi berpendapat basmalah dibaca secara sir (pelan) beserta surat al-fatihah disetiap rokaat, dan jika dibaca beserta surat-surat lainnya maka bagus sekali.

3. madzhab syai’i

Imam syafi’I berpendapat Basmalah wajib dibaca ketika sholat. Jika sholatnya jahr maka basmalahnya juga dibaca jahr, dan jika sholatnya sir maka basmalahnya juga dibaca sir.

4. madzhab hambali

Imam ahmad bin hambal berpendapat Basmalah dibaca secara sir (pelan) tidak disunahkan membacanya secara jahr (keras)

B. Penyebab terjadinya perbedaan pendapat tersebut

Penyebab terjadinya perbedaan pendapat diatas adalah bermula dari perbedaan para ulama 4 diatas mengenai basmalah apakah termasuk bagian dari surat al-fatihah dan bagian dari surat-surat lain. Dan masaah ini sudah kami bahas sebelumnya. Dan sebab yang lain yaitu perbedaan pendaat para ulama salaf selain 4 imam diatas.

Berkata imam ibnu al-jauzi didalam kitabnya “zadul masir’ para ulama saling berselisih pendapat tentang basmalah apakah ia termasuk bagian dari surat al-fatihah atau bukan. Dalam masalah ini terdapat dua riwayat dalam madzhab hambali.

1. bagi orang yang berpendapat bahwa basmalah adalah bagian dari surat al-fatihah maka baginya wajib membaca basmalah didalam sholat.

2. bagi orang yang berpendapat bahwa basmalah bukan bagian dari surat al-fatihah maka membacanya sebatas sunnah saja. Ha ini berbeda dengan imam malik yang berpendapat tidak ada kesunahan membaca basmalah didalam sholat.

 

Kemudian para ulama berbeda pendapat lagi tentang membaca basmalah secara jahr didalam sholat yang sifatnya jahr.

Madzhab hambali, hanafi, dan maliki:

menurut imam ahmad tidak disunahkan membaca basmalah secara jahr dan inilah yang diamalkan oleh para sahabat nabi seperti: abu bakar, umar, utsman, ali, ibnu mas’ud, madzhabnya imam atsauri, malik, abu hanifah,

madzhab syafi’i:

membaca basmalah secara jahr hukumnya sunah dan ini yang diamalkan oleh para sahabat nabi seperti: muawiyah, atho, thowus.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post